Rabu, 25 Maret 2015

Jika kamu seorang kakak, wajib baca ini

Siang ini seperti biasa, nongkrong di kantor jam istirahat. Tiba2 kk Hivni nyeletuk
"Udah liat twitter @tgr_drumer belum? Ada nama mu disebut"
Sambil nyodorin hp nya...
Aku mencerna twit-twit di layar
Perasaan aneh menyeruak dalam hati ku, cieee
Percampuran rasa haru en bangga gitu deh...
Untuk pertama kalinya prestasi "lumayan" masa lalu ada yang mengakui, ceilaaa....
Ini aku sertakan screen shootnya deh, baca nya dari bawah ke atas yaaa hahahaha.....


Udah hampir 12 tahun aku vakum bermain drum,eeeeeh... tiba2 ada pengakuan begini, dengan terpaksa membuat aku terlempar ke masa lalu lagi... terakhir aku main drum waktu hamil Azzam 3 bulan, setelah itu vakum ampe sekarang. Aku inget awal2 ngbentuk band, gemana kk hivni susah payah ngajarin aku. Perjuangan nya juga yang mengorbitkan kami walaupun skala daerah, tapi itu cukup memberi kesan luar biasa buat aku.
Setidak-tidaknya mengisi masa muda dengan hal yang positif, buat diceritakan ke anak cucu, wakakakak....

Ngomong2 soal mengisi masa muda dengan hal positif... aku punya cerita di masa muda (ceilaaa... emang sekarang udah tua???) yang cukup berkesan, dimana semua nya di sebabkan oleh proses peniruan dari ketiga kakak ku, hahahahaha..... sesuai teori tokoh psikologi Albert Bandura,tulisan ini adalah salah satu contoh nya.

Waktu SD aku jadi atlet silat PSHT (persaudaraan setia hati terate) itu karnaa ikut-ikutan temen,

Kemudian, agak gede sedikit... aku ikut road race ikut-ikutan kakak no.3 'kk riza' 
Kk Riza ini suka banget otak atik motor untuk balapan, saat itu aku maksa dia untuk otak atik motor ku untuk ikut balapan di ajang road race yang diadakan di TGR. Jadi lah aku pembalap cewek saat itu, udah unggul di posisi ke-3, eeeeeehhhh..... nabrak! Dapet jahitan di kepala... hahahahahaa..... sejak saat itu kk Riza mulai overprotected, suka marah2 kalau aku mulai gemana2 gitu... hahaha... karna dia sayang donk...

Bosen jadi pembalap cewek, aku melirik kakak no.2 yaitu kk Hivni yang dari dulu ampe skrang emg musisi tulen. Aku ngerayu2 dia untuk ajarin aku maen drum en ngbantu aku bareng temen2 ngbentuk Band yang personilnya cewek semua, lumayan sukses lah di bidang ini, aku kenal suami juga karna Band ini. Ceritanya, zaman dulu kami cukup terkenal lah di wilayah kaltim. 
Uak aku juga ngedukung banget aku maen band, jadinya gak perlu main kucing2an.

Trus aku nikah en punya anak yang akhirnya bikin band harus vakum lama.... (ampe sekarang sih)  

Kemudian, mulai melirik bidang yang di sukai kkak sulung yaitu kk Roni,  yang menggeluti bidang psikologi. Kayaknya asik aja bisa tahu kepribadian seseorang dari alat test yang dia pake. Dengan tekad bulat, aku juga ingin menirunya....
Yeaaah.... akhirnya sekarang aku menggeluti psikologi, lagi-lagi dari hasil meniru.... walaupun arahnya beda, kk Roni jago menggunakan alat test, aku lebih ke pgembangan kpribdian sama spritual (emang iya?!? Ge-er!) hohohoho....





Lihat deh, aku punya 3 kakak yang keren kan??! karna apa yang mereka lakukan, berhasil membuat si adik melakukan proses peniruan. Beruntung buat aku, apa yang di lakukan kakak2 ku adalah hal yang positif!
Aku menorehkan prestasi kecil yang bagi aku pribadi CUKUP membanggakan, bukan karna aku pinter...
Tapi karna hasil meniru kakak2 ku yang telah memberikan contoh tentang hal2 baik yang mereka lakukan. Aku hanya tinggal memodifikasikan nya. 
Tanpa mereka, sudah jelas aku tidak akan melakukan apa-apa dalam hidup ku.
Lihatlah! Betapa besar maknanya seorang kakak bagi adiknya!!!! Pastinya hal itu tidak bisa diabaikan begitu saja.


Tapi, bagaimana jika kalian sebagai kakak punya perilaku yang buruk?! Berhati-hati lah!!!! Karna seorang kakak adalah figure yang paling di perhatikan en di amati secara sadar atau pun tidak bagi si adek untuk membentuk pola prilaku mereka....
‎Dan, pengalaman ku membuktikan nya....

Hal ini pula lah yang selalu aku tekankan kepada Azzam (anak pertamaku) agar hati-hati dalam bersikap dan memberi contoh perilaku yang baik untuk adik2nya. 

Seringkali aku perhatikan, disaat Azzam lagi rajin menabung, Raya ikut2an menabung. Tapi saat Azzam lagi doyan belanja, Raya pun ikut2n menghabiskan uang nya untuk belanja. 
Azzam sering pula marah-marah karna Raya terlalu bandel, padahal kebandelan Raya adalah proses peniruan dari Azzam sendiri yang tidak di sadarinya. 

Begitupula dengan adek bungsu ku, Yasir dengan panggilan kesayangan : Kecot! hahahaha.... Separuh sikapnya di adopsi dari sikapku, memang aku merasa bertanggung jawab untuk itu. 
Tapi setau ku, dia melebihi dari apa yang sudah aku contohkan kepadanya... begitulah seorang adik.... memang dia selalu akan melampaui apa yang sudah di tiru nya dari seorang kakak, nevermind! Karna dia memodifikasikan nya... aku rasa, untuk itulah kita ditakdirkan menjadi seorang kakak, karna adik juga tanggung jawab kita,kan?!

Dari sini sudah jelas, bahwa perilaku seseorang di bentuk dari proses peniruan. 
Jikaa kamu adalah seorang kakak, bijaksana lah... ada seorang adik mengawasi mu....
Hal ini tentu saja tidak 100% mempengaruhi pola prilaku seseorang, tapi ini kesadaran yang harus di perhatikan jika kamu adalah seorang kakak!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar